Jumat, 28 Januari 2011

Manfaat Daur Ulang Sampah

Kelestarian lingkungan bukan hanya tanggung jawab Pemerintah atau pihak tertentu, tapi merupakan tanggung jawab kita semua terutama menjaga dan mengembangkan kelestarian lingkungan perumahan kita khususnya VilaNusaIndah dan Sekitarnya.

Menghargai sampah adalah salah satu upaya paling sederhana dapat dilakukan oleh kita semua.
Menurut data bahwa produksi sampah rata-rata per orang adalah 3 liter/hari, sebanyak 70% diantaranya merupakan sampah organik dan sisanya sampah non organik.
Sampah organik dapat diolah menjadi kompos, pakan ternak atau bioenergi, sementara sampah non organik meliputi sampah plastic, kertas, besi/logam, kain, kaca yang dapat didaur ulang menjadi bahan baku sekunder.
             
Sampah Organik   Sampah Non Organik
Masalahnya belum banyak warga yang secara sadar atau mungkin belum mengetahui untuk dapat membantu pengelolaan sampah dengan cara memisahkan sampah organik dan non organik, yang mana cara ini akan sangat membantu proses manajemen sampah ke langkah berikutnya.
Mari kita coba dari kita sendiri untuk mulai dengan cara yang paling sederhana ini agar terwujud upaya menjaga dan meningkatkan kelestarian lingkungan di VilaNusaIndah dan Sekitarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar